Saturday, December 7, 2013

Paper jam

Masalah paper jam akan sering terjadi apabila kondisi roller paper di dalam printer sudah aus yang disebabkan umur printer yang tua atau pemakaian yang terlalu over. Error paper jam selalu berhubungan dengan proses penarikan kertas di saat printer akan/sedang mencetak.



printer canon
Paper jam error tab

Untuk kondisi error yang parah, cek roller papernya berikut karet roller dan as/sumbu roller .

printer canon
Roller paper

Solusi apabila as/sumbu patah, ganti dengan kepala ballpoint atau baut yang sesuai. Beri lem alteco agar melekat kuat karena as/sumbu ini akan menahan hentakan yang sangat keras pada saat printer mulai melakukan proses printing/mencetak. Praktisnya beli aja roller baru di toko spare printer terdekat.
Karet yang telah aus dapat diatasi dengan mengganjal kertas sesuai ukuran sehingga penjepitan kertas dapat terjadi dengan sempurna, diperlukan percobaan beberapa kali untuk hasil yang baik.

Printer baru pun bisa mengalami masalah ini yang bisa disebabkan tidak tepatnya pemasangan kertas ada tray masuk. Atur kelonggaran tray sesuai jenis kertas yang akan digunakan, posisikan tidak terlalu longgar atau tidak terlalu ketat sehingga kertas dapat dengan mudah tersedot masuk. 

perinter canon
Paper jam





1 comment: