Friday, December 6, 2013

Kunci sukses memodifikasi cartridge

printer canon
Kunci sukses memodifikasi cartridge canon adalah pada vakumitas antara tabung, selang penghubung dan cartridgenya sendiri.

Bagaimana membuat sistem tersebut vakum?

Caranya adalah dengan memastikan tidak ada kebocoran disetiap lubang infus cartridge. Pastikan lubang yang infus yang dibuat tidak lebih besar dari knee yang dipakai. Apabila lubang terlanjur terlalu besar, tutup dengan lem silicone rubber yang tersedia di pasaran, saya biasa pakai brand "SEALANT".  [ ... ]



Apabila menggunakan cartridge rekondisi perlu diperiksa apakah cartridge tersebut berfungsi dengan baik. Lakukan test nozzle pada printer preference - maintenance - nozzle check.  Apabila hasil print test nozzle bagus dalam artian tidak ada garis putus atau lebih dikenal dengan clogging maka modifikasi catridge siap dilakukan.

printer canon
Canon printer preference

printer canon
Nozzle cek canon
Kerusakan hasil test print cartridge yang disebabkan tersumbatnya nozzle bisa mempengaruhi hasil vakumitas. Alhasil hasil modifikasi printer gagal, hasil test print tidak akan mendapatkan hasil yang sempurna. Langkah terakhir yang perlu dilakukan adalah menyedot tinta dalam tabung tinta supaya masuk ke dalam cartridge. Beli suntikan di apotik terdekat, atau beli paket refill tinta yang dilengkapi dengan suntikan.

Terlebih dahulu lepas selang yang terhubung ke cartridge, pasangkan ujung selang tadi ke suntikan dan lakukan penyedotan sampai selang terisi penuh dengan tinta, pasang kembali selang ke cartridge. Lakukan hal yang sama untuk setiap jalur infus. Setelah semua jalur infus terpasang sempurna lakukan proses DEEP CLEANING pada tab maintenance printer. Proses ini akan menyempurnakan proses vakumisasi infus cartridge. Lakukan sampai selang infus terisi penuh sampai masuk ke dalam setiap tabung warna dalam cartridge. Proses memodifikasi printer canon telah berhasil lakukan nozzle check lagi dan print test pada printer (pada property printer klik tab test print) dan lihat hasilnya. Apabila didapat hasil kurang memuaskan cukup cleaning biasa saja sampai didapat hasil print yang sempurna.

printer canon
Print test page tab

printer canon
Hasil test print canon

     

No comments:

Post a Comment